Berani Melindungi Sesama

Dalam penulisan essay ini topik yang akan diangkat adalah berani melindungi sesama. “berani melindungi sesama” merupakan salah satu topik yang penting, akhir-akhir ini lebih banyak dari kita yang lebih memerdulikan diri sendiri, berusaha mengelak dari kesalahan dan melempar kesalahan yang kita lakukan ke orang lain. Pada topik ini, kita diajarkan untuk melakukan yang sebaliknya, bukan melempar kesalahan tetapi melindungi sesama kita, siapapun itu tanpa memandang bulu.

 

Berani menurut Wikipedia mempunyai hati : mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi bahaya, kesulitan, dsb. ; tidak takut (gentar, kecut): Kita harus berani mempertahankan kebenaran. Dengan kata lain, berani dapat disimpulkan memiliki hati dan kepercayaan diri yang mantap untuk mempertahankan kebenaran, apabila teman kita memang benar, walau ada resiko kalau kita membelanya, kita tetap harus memiliki kemantapan hati dan tidak gentar terhadap resiko yang akan terjadi nanti. Jadi berani melindungi sesama, keberanian yang muncul dari dalam hati kita, keberanian untuk mengungkapkan kebenaran tanpa menutupi sedikit pun.

 

Menurut saya pribadi, berani melindungi sesama, memiliki arti yang beragam dan tidak bisa ditentukan hanya dengan penjelasan, berani juga memiliki banyak arti penting. Salah satunya, hak yang dilakukan mayoritas terhadap minoritas, sebagai contoh, mayoritas agama di Indonesia adalah muslim, tetapi sebagai mayoritas, tetap harus melindungi tradisi agama Kristen yang mengadakan natal dan paskah, itu juga bisa disebut sebagai melindungi sesama atau mungkin hal yang lebih simple seperti bila terjadi pembully-an, berani melindungi orang yang lebih lemah dari kita, walau itu terlihat sederhana, tetapi dibutuhkan keberanian yang besar untuk melakukan itu.

 

Jadi kesimpulan yang dapat dipetik dari tema ini, berani melindungi sesama dapat dilakukan siapapun tanpa mengenal gender, umur dan agama. untuk itu, kita diharapkan dapat menjadi contoh bagi yang lainnya.

 

by : jessica kathy – xims2