The Passion Of The Christ

Sinopsis

the passion of the Christ merupakan film asal amerika serikat yang disutradarai oleh Mel Gibson dan dibintangi oleh Jim Caviezel. Film ini resmi dirilis tahun 2004 silam. Dalam film ini, kita berfokus pada pengorbanan yang dilakukan Yesus demi menebus dosa manusia, hal ini bermula pada saat Yesus genap berumur 33 tahun. kala itu, Yesus sudah mengetahui bahwa waktunya sudah dekat, Ia sedang berdoa di bukit getsemani ditemani oleh 11 muridnya, namun, salah satu murid Yesus (Yudas) ternyata mengkhianatinya. Singkat cerita, yesus pun dibawa ke pengadilan Pontius Pilatus, walau terbukti tidak bersalah, Yesus tetap dijatuhi hukuman salib (hukuman yang paling berat yang dapat diberikan oleh pemerintahan romawi kuno). Hukuman salib ini dimulai dengan pencabukan (pencabukan dilakukan secara tak terbatas karena Yesus bukan orang romawi), pencabukan ini dimaksudkan hanya untuk melemahkan tubuh dan mempercepat kematian bukan untuk membunuhnya. Selanjutnya, Yesus harus membawa salibnya sendiri, sebenarnya hukuman ini diberikan untuk menambah malu pada diri si pesalah. Yang terakhir, Yesus dipaku di salib yang telah Ia bawa di Golgota (bukit tengkorak), Yesus kemudian dinyatakan wafat setelah salah satu prajurit menusuk lambungnya dengan tombak.

Kelebihan

Film ini dapat menampilkan semua kejadian terlihat nyata, seolah-olah bukan hasil editan. selain itu, film ini dapat memvisualisasikan apa yang terjadi pada Yesus ketika Ia disalibkan, sehingga kita dapat lebih merasakan penderitaan yang dirasakan Tuhan Yesus. Terlepas dari itu semua, film ini dapat mengaduk perasaan semua orang yang menontonnya, sehingga dapat menimbulkan rasa haru dan kagum pada Tuhan Yesus yang rela mengorbankan dirinya di kayu salib.

Kekurangan

Banyak adegan yang ditambah-tambahkan seperti istri Pontius Pilatus yang menghibur Maria, padahal Di kisah aslinya tidak terjadi yang demikian. Selain itu, film ini seharusnya memberi tahu penonton, hanya untuk ditonton anak berusia 13 tahun keatas, karena bila ditonton anak dibawah umur, takutnya dapat memicu trauma akibat adegan yang agak sadis.

Informasi yang diperoleh

Lewat film ini, banyak nilai yang dapat dipetik, Tuhan Yesus tahu kejadian yang akan menimpanya itu, tetapi Ia tidak kabur dan menghadapinya demi menebus manusia berdosa. Informasi lainnya yang diperoleh, kita jadi lebih tahu seperti apa proses penyaliban yang dialami Tuhan Yesus, mulai dari pencabukan hingga kematiannya di kayu salib.

Nilai PKBN2K yang disampaikan

-) Kerendahan hati Tuhan Yesus mau turun dari surga dan meninggalkan kemuliaan-NYA hanya demi menyelamatkan manusia yang bahkan dosanya tak terbendung.

-) ketaatan Tuhan Yesus mau membuang kepentingan-NYA dan mengikuti perintah Allah.

-) keberanian untuk berkorban demi keselamatan manusia, sebagai manusia kita harus berani seperti Tuhan Yesus, sebagai contoh berani untuk jujur, berani untuk mengakui kesalahan, dll.

-) pengorbanan memberikan nyawanya yang berharga hanya untuk menjauhkan manusia dari jurang maut.

 

by : jessica kathy – xims2