History

PENDAHULUAN

SMA Kristen 4 PENABUR Jakarta merupakan sekolah menengah atas yang bernaung pada yayasan BPK PENABUR Jakarta dengan pengajaran berdasarkan nilai – nilai kristiani. Kurikulum yang digunakan di SMAK 4 PENABUR Jakarta menitikberatkan pada proses pembelajaran dengan berdasarkan pada karakter kota Jakarta dan berorientasi pada kebutuhan siswa. Dalam UU No 20 Sisdiknas Tahun 2003 juga tercantum Tujuan Kurikulum 2013, yaitu untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Dalam pengertian, berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,   cakap,   kreatif,   mandiri,   dan menjadi    warga   negara  yang demokratis serta bertanggung jawab; meliputi 3 aspek yaitu Sikap (spiritual dan sosial), Pengetahuan, dan Keterampilan. Kurikulum SMAK 4 PENABUR JAKARTA juga disusun berdasarkan potensi dan karakteristik dari SMAK 4 PENABUR JAKARTA yang memiliki siswa yang tertarik pada ilmu pengetahuan, teknologi dan public speaking. Dengan latar belakang SMAK 4 PENABUR JAKARTA yang mempunyai ciri khas public speaking oleh karena itu SMAK 4 PENABUR Jakarta mempersiapkan generasi muda yang siap dengan tantangan global dan intenasional yang penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memiliki kemampuan public speaking untuk membangun bangsa dan negara dalam waktu kedepan.

 

Visi dan Misi SMA Kristen 4 PENABUR Jakarta

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti : perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang sangat cepat, era informasi, dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan memperbaiki kinerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan hidup mandiri dan pendidikan lebih lanjut.  Dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan di SMAK 4 PENABUR JAKARTA, maka diwujudkanlah Visi dan Misi sekolah yang dituangkan dalam profil sekolah sebagai berikut :

Visi

Menjadi sekolah yang semakin berkualitas dalam Iman, Ilmu, dan Pelayanan

 Misi

Melaksanakan segala aktivitas dan mengembangkan diri berlandaskan iman Kristiani.

 

Tujuan  SMAK 4 PENABUR JAKARTA

SMAK 4 PENABUR JAKARTA sebagai bagian dari pendidikan Nasional bertujuan : meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan peserta didik untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Seluruh warga sekolah dengan persetujuan Komite Sekolah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Sasaran program dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Membentuk peserta didik agar menjadi lulusan yang BEST ( Be Tough, Excel Worldwide, Share with society, Trust in God)

  1. Be Tough

Sikap yang memperlihatkan kesungguhan dan ketangguhan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya, dengan ciri – ciri :

  • Tekun
  • Tahan uji
  • Bertanggungjawab
  • Mandiri
  1. Excel Worldwide

Kemauan dan kemampuan untuk terus menerus mengasah potensi diri sehinga menjadi berguna bagi orang banyak

  • Suka memperlajari hal yang baru
  • Kreatif
  • Lebih mengutamakan kepentingan orang lain
  • Berjiwa pemimpin
  1. Share with society

Sikap menghargai dan peduli terhadap orang lain dan alam sekitar yang ditunjukan melalui tindakan yang nyata dan membawa kebaikan bagi orang lain dan alam sekitar

  • Menerima dan menghargai perbedaan (agama, latar belakang, dan lain – lain)
  • Peduli dan berbagi dengan orang sekitar
  • Peduli terhadap alam sekitar
  1. Trust in God

Sikap memercayai Tuhan dan mengandalkan Tuhan dalam segala situasi

  • Berserah dan bersyukur kepada Tuhan
  • Hidup damai dengan orang lain
  • Jujur

 

Kepala Sekolah yang memimpin SMAK 4 sebagai berikut:

1 Drs. Andyarto Sujana periode tahun 1991–1993
2 Tan Pan Lin periode tahun 1993–1999
3  Soewarsono, S.Th periode tahun 1999–2006
4 Etiwati, S.Pd. M.M periode tahun 2006–2009
5 Devi S. Tanumihardja, S.Sos periode tahun 2009–2013
6 Drs. Lo Sing Kim, M.M periode tahun 2013–2017
7 Okky Gunadi, S.E., S.S. periode tahun 2017–2019
8 Andrian, S.Si periode tahun 2019–skrg